3 hari Mencintai Banyuwangi


Jadi ceritanya, di minta temen buat nulis catper pas kemarin ke Banyuwangi. Kayaknya sih pekan depan dia mau cabuls kesana entah sama angin atau ada yang digandeng. Truk aja ada yang digandeng yak. Masa  . . ah, sudahlah. . .

Dari dulu pengen ngejar Banyuwangi gak kesampaian. Kuli kantoran kayak saya ini, waktunya terbatas duit juga gak ada. wkwkwk. Mau hajar pesawat udah pasti mahal karena gak ada yang langsungan. Cuti juga terbatas, paling setahun dapet 6 (tahun ini ada cuti amnesty sih, lumayan). Mau pakai kereta, juga pasti bakal sehari-semalem plus nyambung lagi. Mau ke Bali dulu, juga harus nyambung lagi. Paling efektif ya naik pesawat, kecuali punya waktu luang yang panjang, bisa mlipir kesana naik apapun. Tapi Alhamdulillahnya, akhirnya impian terlaksana gara-gara diskonan 90% tuker poin Garuda di akhir tahun kemarin. Ditunggu diskonan yang sama di tahun ini ya. hehehe. . 

Madhzab ke Banyuwangi masih tetep sama, backpackeran. Berhubung ini kedua kalinya saya ke Banyuwangi, ya sudah sekalian aja ini rute kemarin yang saya pakai, saya mix ya.

Hari Pertama = Island Hopping Menjangan sama Tabuhan. Jeng-jeng sore/malam di kota. (bagian tengah Banyuwangi)
Hari Kedua = Pulau Merah terus dilanjut ke Wedi Ireng. Optional bisa dilanjut ke Ijen malamnya. (bagian selatan Banyuwangi)
Hari Ketiga = Tepar (wkwkwkwkwk). Ijen sebagian, optional kalo waktunya bagus bisa ke Baluran, Pantai Bama dan Trekking Mangrove. (bagian utara Banyuwangi)

Hari Pertama = Island Hopping Menjangan dan Tabuhan

Nah, berhubung lagi getol-getolnya gejolak nyemplung ke air, pas baca-baca ada island hopping sama snorkeling ada di Banyuwangi langsung sikaaaat open trip-nya disana. Buat waktunya sendiri dari jam 08.00-16.00 WIB. Harganya sendiri kalo ke Menjangan sama Tabuhan 275K. Kalo cuma Menjangan 250K. Saran saya jelas hajar aja paketan 275K-nya. Semua berangkat via watu dodol

Di Pulau Menjangan sebenernya kita cuma sebentar, yang lama di Pulau Tabuhan. Ada warung juga dengan harga terjangkau, makan gorengan mesennya es teh. Jooos. 🙂

dsc-trip banyuwangi (1)

Pulau Menjangan

dsc-trip banyuwangi (8)

Pulau Tabuhan

Pasir putih Pulau Tabuhan, indahnya bikin gak mau pulang. hehehe. . Gak heran juga, itu di sekitaran kapal bersandar ada orang-orang pada main volley pantai, renang ala-ala soalnya pasirnya bersih. 

Habis snorkeling sama main-main di air, enaknya makan tuh. Tanya aja sama driver perahunya siapa tahu nemu tempat makan yang enak terus murah. Kalo gak capek, malam-malam bisa keluar nongki-nongki di sekitaran kota.

Hari Kedua = Pulau Merah terus dilanjut ke Wedi Ireng. *Mau island hopping disana juga bisa ternyata. Optional bisa dilanjut ke Ijen malamnya. (bagian selatan Banyuwangi)

Hari kedua, agak males keluar pagi-pagi akhirnya baru keluar jam 10an. Dan itu salah besar. hahaha. . Gara-gara hari pertama tepar, hayati lelah snorkling, akhirnya bablas. Gak enaknya lagi, otw ke Pulau Merahnya sendiri pakai motor. Teriknya banyuwangi jadi pelengkap perjalanan.

Waktu perjalanan sendiri berkisar antara 2-3 jam. Lamanya minta ampun. hahaha. . Sampai-sampai di Pulau Merah, duuuuuuuuh. Ramenya minta ampun. wkwkwkwk. . Disana gak lama-lama, palingan ikutan naik kapal bentar muterin pulau bayar 20k.

dsc-trip banyuwangi (16)

Perahu-perahu di Pulau Merah, Banyuwangi

Kalo misal kalian termasuk orang yang gak begitu suka keramaian dan tujuannya cuma ke Pulau Merah, sayang banget. Nah untungnya, kemarin nemu escape trip dadakan kalo mau sewa kapal buat island hopping. Kalo mau snorkeling kata bapaknya juga bisa, cincai tinggal bahas sama bapaknya biar mencapai musyawarah mufakat. Hehehe. .

Escape plan ini sebenernya nego sama bapak si penjual. Harga yang tertera di bawah ini, cuma jadi patokan ya. Mau extend ke lokasi snorkeling, mau nambah pulau yang dikunjungi itu tentative. Kalo kalian full rombongan bisa flexible tuh mau kemana aja.

Escape Plan

Total bayar 700K (5 jam) maks 8 orang (kayaknya sih flexible juga waktunya). Kalo mau snorkeling, bisa disediakan. Call dulu (harga estimasi  kemungkinan sih per alat lengkap, sewa 50K). Start 08.00 – selesai.  Rutenya = Pasir Hitam (masih ada orang jualan, hutan alami, salah satu tempat yang bisa buat  snorkling), Pulau Bedil, Teluk ijo, Pasir hitam, Manuk, Pulau Merah, Teluk Ponco Moyo (est snorkling cuma + 100k).

Cuma, kata penunggang kapal yang paling penting kalo misal mau island hopping, cek dulu tinggi gelombang di www.surf-forecast.com (ini link tempatnya sekalian http://www.surf-forecast.com/breaks/Grajagan-Bay/forecasts/latest/six_day). Awalnya sih kaget, ternyata penunggang kapal udah lumayan gaul juga tahu-tahu alamat gituan. Meskipun buat  ngomong alamat surf-forecastnya harus manggil kesana kemari. hahaha. . Untuk tinggi gelombang yang masih mereka mau buat ngangkut maksimal 1.8.

Kalo misal  tertarik untuk  escape plan ini, bisa hubungi saya via email buat tak kasih CP penunggang kapal. Mohon maaf gak saya open disini, saya sebarin aja buat yang emang tertarik. 

Nah, setelah selesai urusan pulau merah, saya penasaran nih sama pantai-pantai lain. Mlipir-mlipir keluar pulau merah ke arah kiri. Ternyata ada tempat yang bagus juga (disitu ada tulisan sama logo surfing). Ombaknya bagus, pantainya belum begitu ramai. Cuma ada beberapa orang, lagi “tahu lah ya”. Wkwkwkwkwk. Jadi gak terlalu lama disana, langsung capcus lagi buat mlipir pinggiran pantai.

dsc-trip banyuwangi (20)

Pantai Wedi Ireng

Gak lama disitu, terus mlipir lagi ke jalan pinggiran pantai. Ketemulah trek jalan belakang pantai yang ada tulisan panahnya, Pantai Wedi Ireng. Jadi pas ada gapura masuk ke arah Desa Pancer, itu belok kanan ke jalan kecil (kalo lurus itu masuk pintu biasa aja). Gak bisa kalo pakai mobil, harus pakai motor. Cuma ya luar biasa jalannya. Kebanyakan dipakai buat motor trail. Mungkin perjalanan sekitar 30 menit dengan kondisi jalan gak ada tanda-tanda apapun, tinggal pecicilan aja liat jalan yang bekasnya udah pernah di lewati. Tapi worth it banget pas udah sampai ke pantainya. Motor bisa parkir pinggir pantai. Sepi banget. Ada sih warung disana, palingan buka sekitar sampai jam 5 sore. Kalo mau camping disana juga bisa. Mau di temenin sama yang jaga warung atau gak juga tinggal request aja. Masalah tips, cincai aja sama bapaknya. 

Hari Ketiga = Tepar *atau boleh deh naik ke Kawah Ijen sama wisata di utara Banyuwangi.

Nah ini mah gak usah di ceritain ya. hehehe. . Hari terakhir cuma ngobrol singkat aja sama temen di Banyuwangi sama beli oleh-oleh disana.  Cuma, kalo misal kalian mau dan ada tenaga, cobalah malem hari pertama atau kedua buat naik ke Kawah Ijen (wikipedia). Jadi dulu pertama kali ke Banyuwangi saya cuma ke Kawah Ijen. Gak sempet kemana-mana karena ngantuk habis turun dari ijen. hahaha. .

Pendakian itu dibuka jam 2 malam. Jadi rata-rata yang mau naik, mulai menuju ke Paltuding (pos pendakian) jam 12 malem. Jalannya lumayan naik pas berangkat, jadi siapin aja kalo mau sewa motor yang agak bagusan dikit. hehehe. . Pendakian 2-3 jam ke puncak, terus turun ke blue fire sekitar 30 menit (bagi yang emang ada masalah di pernapasan, atau sakit buat ngehirup asap belerang jangan coba-coba kalo saran saya). Yang paling penting kalo bisa gas terus pas naik, jangan kasih kendor karena bluefire terbatas. Kalo udah hampir subuh gitu udah gak terlihat.

Naik kereta buat ke Kawah Ijen

Pas pertama saya kesana, saya naik kereta dari Jember. Turunnya di Stasiun Karangasem, jangan sampai ke Banyuwangi karena terlalu jauh. Semakin malam, semakin rame. Di depan stasiun juga ada warung makan, tempat sewa motor , penginapan juga ada. Dari stasiun Karangasem ke Paltuding itu +/- 1 jam perjalanan. Tanda-tanda nya lumayan jelas jadi meskipun malam-malam, masih aman. Kalo misal takut, biasanya banyak juga rombongan yang mau ke Ijen, jadi bisa sekalian ngekor.

Ingat juga kalo pendakian itu dibuka malam hari, jadi jangan terlalu cepet sampai ke Paltuding. Ya kalo misal mau santai dan menikmati dinginnya suasana Paltuding. hehe. .

Optional Plan. Kalo mau, di hari ini bisa ke wilayah Utara Banyuwangi bisa Baluran, Pantai Bama dan Trekking Mangrove. Kemarin kenapa saya gak ke Baluran, jadi saya kesana kan April tuh, dapet info dari banyak orang, kalo musim penghujan Baluran gak kayak savana-savana luar negeri itu. Waktu yang paling pas ya kemarau. Tapi melihat musim di Indonesia yang lagi gak jelas gini, kira-kira kemarau kapan ya?


Yang perlu diperhatikan kalo kalian ke Banyuwangi adalah

  1. Kalo mau ngejar buat explore Banyuwangi yang mepet waktunya kayaknya mending sewa mobil. Karena jaraknya jauh apalagi kalo misal malemnya habis naik ke Ijen, mendingan sewa sopir sekalian.
  2. Couchsurfing di Banyuwangi diisi dengan guide tour and travel. Menurut saya gak enak karena susah cari yang gratisan. Wkwkwkwk. . Tinggal pasang aja tanggal mau ke Banyuwangi, nanti pasti ada yang DM. Wehehehe. .
  3. Dari Bandara ke Banyuwangi itu lumayan jauh ya. Hampir 1 jam. Kalo pake taksi sekitar 170K (taksi kemarin Luxio). Di beberapa blog lain ketemu kalo ada trayek Damri, tapi ternyata udah gak beroperasi. Lumayan mahal kalo buat solobackpacker.  Biasanya dari penginapan/guide island hopping menawarkan buat di jemput di bandara bayar 150K
  4. Info dari yang jual tiket island hopping  range harga di Banyuwangi = Rentcar 24jam 250.000, Driver 200.000/24jam, Homestay di kota 150.000/hari fasilitas AC, TV. *mungkin beda antar satu sama yang lain ya*

Selamat jalan-jalan. Mari selamatkan generasi bangsa dari bahaya kurang piknik.
Jakarta, 13 Juli 2017

17 thoughts on “3 hari Mencintai Banyuwangi

  1. kunudhani says:

    Waktu k BWI mau ke wedi ireng sm menjangan waktunya gak nutut, BWI bgus bgus bgt pantainya, syang jarak antara satu ke lainnya jauh bgt jd klo waktunya mepet gk bsa dpt bnyak, pling cm dpt 2/3 destinasi 🙄

Yuks!! Ngobrol di mari.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s