Serba-serbi Pembatalan Tiket KAI dan Salah Data Pemesanan Tiket KAI


Jadi kemarin saat pemesanan kereta api tambahan dibuka, saya kumpulkan beberapa orang buat hunting tiket. Maklum, pemesanan tiket agak sedikit horor karena dari beberapa tahun lalu gak bukan dan gak lain masalahnya tetep sama, server down.

Tapi untungnya server masih aman. Saya pakai traveloka karena aplikasi android resmi KAI (KAI Access) dan Web Reservasi KAI gak bisa di akses. Mungkin ini sedikit masukan untuk KAI, karena diluar sana aplikasi online reservasi kereta api sudah luar biasa bagus. Padahal aplikasi pemesanan kereta api pihak ketiga yang ada saat ini melayani bukan cuma pemesanan kereta api. Saya pakai KAI Access dari beberapa tahun lalu, hingga saat ini tidak terlalu terlihat perkembangan aplikasinya. 

Singkat cerita, kemarin saya pesan tiket PP untuk pulang kampung. Saking hebohnya nunggu detik-detik berjalan hingga pukul 00.00 WIB, akhirnya nulis datapun pecicilan gak karuan. Mau saya yang pesen atau temen yang pesen. Mungkin ingatan nama lengkap saya agak sedikit terhamburkan entah kemana.

Alhamdulillah, tiket PP di dapat tapi dua-duanya ada kesalahan. Buehehehehe. . Yang pertama nama belakang saya salah, dari Perdana ke Pradana. Kedua, nomor KTP saya ada yang salah. Satu digit belakang salah. Searching sana sini gak ada informasi di internet. Akhirnya dari pada pas hari-H gak jadi mudik datanglah saya ke Customer Service KAI. 

Ngobrol-ngobrol singkat, menurut info CS ada dua hal yang bisa dianggap sebagai “pemakluman” kesalahan. Pertama, jika kesalahan tidak melebihi 3 digit huruf. Mau nama, KTP dsb masih aman. Kedua, nama tidak berganti gender. Misal Perdana/Pradana menjadi Pratiwi.

Kedua pemakluman diatas, bikin saya jadi bisa mudik. hworeee 🙂


Mumpung ke Gambir, saya sekalian dateng untuk mengambil uang pembatalan. Kemarin saya bawa 6 “kertas pink” untuk diambil refund tiket. Sengaja setiap kali pembatalan saya arahkan ke Gambir, karena kalo di senen riweuhnya minta ampun. Meskipun di Gambir cuma 1 loket yang buka, itupun ditambah tiket go-show. heuheu. . 

6 kertas pink diatas, paling lama ada yang pembatalan tiket tahun 2015, 2016 dan sisanya tahun ini tapi semua sudah lewat tanggal pengambilan. Sebagai catatan, sebenernya maksimal refund uang tiket adalah 3 tahun. Jadi buat temen-temen yang masih punya kertas pink refund tiket, mau diambil sesuai tanggal atau nanti-nanti ya udah gak papa. Mungkin ada yang nanya, kenapa gak ambil opsi transfer ke rekening? Dulu saya pernah coba jalur transfer tanpa ambil langsung ke stasiun, cuma ternyata pencairan agak lama, gak ada notif, dan lagi-lagi saya harus telepon ke call center KAI untuk cek pencairan. Belum kalo telpon juga ngeluarin uang juga. hehehe. . 

Nah buat temen-temen yang memang ingin refund tapi udah kelewat tanggal, sebelum 3 tahun masih bisa di refund tetapi harus ke CS dulu untuk di open. Waktunya singkat, 6 tiket gak sampai 5 menit.

Demikian, semoga membantu. 

Riweuhnya Jakarta, 21 Juni 2017

 

 

2 thoughts on “Serba-serbi Pembatalan Tiket KAI dan Salah Data Pemesanan Tiket KAI

  1. zapufaa says:

    Aku sering banget nih nge-refund-in tiket punya bapak, gara gara kalau beli tiket langsung untuk sebulan dua bulan (per tiap minggu PP smrg-jkt) tanpa tau ada agenda lain atau tidak hahaha. Dulu kasus aku sm KAI itu waktu tiket hilang 😦 untung tetep bisa dapet lagi. Dan prosesnya cukup kirim foto KTP dan jadwal pemesanan lewat email. Nggak ada satu jam sudah dibalas dan dapat nomor serinya. Haha

    • Triyoga AP says:

      Wah serius ini bapaknya PP Semarang-Jakarta tiap minggu dek? Wah-wah. Saya kebetulan juga lagi jadi PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad) karena istri baru lahiran. 🙂

      Nah ini, saya belum pernah kehilangan tiket. hehehehe. .

Yuks!! Ngobrol di mari.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s