Indihome? Worth it?


update >> 8 Agustus 2017

Bulan ini (Januari 2017) saya pasang internet.

Dari list A-B-C-D kok ya ndilalah karena keterbatasan ketersediaan jaringan, pilihannya jatuh ke yang D. #heuheuheu. Berbekal nekad dan dari info sana sini yang kondisi after salesnya memang banyak review online atau offline tidak dalam kondisi baik (saya yakin semuanya sudah tahu kondisinya) akhirnya saya memberanikan untuk pasang internet plat merah diatas. Penasaran juga sih sebenernya, gimana nih kondisi after sales hingga kondisi jaringan di ibu kota negara. Mau bagaimanapun, kalo dilihat dari posisi geografis (menurut pemikiran saya) dari segi infrastruktur jaringan seharusnya sudah lebih “matang” di bandingkan dengan kota-kota lainnya. Apalagi pasti banyak sekali pelanggan coorporate yang menuntut downtime jaringan mendekati batas paling kecil. 

Harapan saya dari tulisan ini, semoga bisa memberikan informasi kepada pelanggan baru yang akan memasang. Apakah memang indihome ini worth it untuk ditempatkan menjadi pilihan pertama ataukah pilihan terakhir. Pesan saya, jangan jadikan tulisan ini penentu keputusan kalian. Tapi, saya hanya berharap bahwa tulisan ini  hanya sebagai referensi kecil atas konsekuensi-konsekuensi apa yang nantinya akan kalian hadapi. Kalo kata orang bijak, “Apa yang orang lain rasakan, anggap saja belum tentu akan sama dengan apa yang akan kita rasakan. Tinggal bagaimana cara keberpihakan rizki itu merangkul kita“. Tapi pertanyaan selanjutnya, Apakah semua orang sebijak itu? 🙂


16 Januari 2017


Saya pertama kali ke Plasa Telkom Gunung Sahari. Oh ya, saya rencana pasang yang One Play (OP) ya, tanpa ada tambahan apapun. OP itu hanya internet saja, tanpa telepon rumah atau TV. Kenapa pilih OP? Alasan utamanya, karena saya masih belum tahu kualitas jaringan yang akan saya pasang. Saya agak khawatir juga jika jaringan bermasalah, televisi juga bermasalah. Kan agak berabe tuh kalo misal dua-duanya mati. hehe. . Untuk cari aman saya rencana akan memasang layanan televisi digital dari provider lain. Jadi kalo misal internet “ngambek“,  televisi masih aman.

Nah syarat OP ini sebagai berikut (*kondisi rumah adalah rumah sewa*)

  • Surat sewa menyewa/kwitansi
  • Surat ijin pasang (template dari Telkom)
  • Fotocopy KTP Pemilik dan Penyewa
  • Fotocopy PBB/AJB/sertifikat rumah yang ditinggali
  • Materai 6000
  • Fotocopy NPWP 
  • Referensi nomor sebelah (untuk memudahkan jalur/lokasi pemasangan)

18 Januari 2017


Saya datang kembali untuk membawa berkas-berkas tersebut. Alhamdulillah semua lancar tidak ada kendala. Berhubung pada saat datang ada gangguan sedikit di sistem mereka, jadi masih memakai pemakaian form offline sebagai bukti pengajuan pemasangan. Nanti akan dikabari via telepon jika sudah aman.


19 Januari 2017


Dikabari dari plasa telkom, bahwa berkas pemasangan sudah sampai ke teknisi yang akan melakukan pemasangan. Setelah saya hub teknisinya, sebenernya hari ini juga bisa dilakukan pemasangan. Agak nego dikit di hari Sabtu, tapi kayaknya agak berat mas-mas teknisinya. Saya janjikan Jumat, bisa ijin kantor untuk nemenin pemasangan.


20 Januari 2017


Pemasangan dilakukan. Gak ada tambahan biaya apa-apa. Tapi info plasa telkom, akan dikenakan +/- 150k ketika ada IKR (Instalasi Kabel Rumah) melebihi panjang kabel standar telkom.


25 Januari 2017


Test jaringan, 19.20 WIB. Lumayan. Tesnya pakai Kabel lan Cat.6


4 Agustus 2017


Indikator LOS merah tanggal 3 Agustus 2017. Tanggal 4-nya saya ke Telkom Gunung Sahari sekitar pukul 09.00. Hari itu pelaporan gangguan, siangnya sekitar jam 10an sudah di telpon teknisi untuk visit gangguan. Ada gangguan di kabel, yang akhirnya kabel dari DP ke modem diganti total. Sore hari sudah ON kembali. 🙂

Penanganan sangat cepat. Horeeeee. hehe. . 

Featured Image saya ambil dari http://markasim02.blogspot.co.id

Yuks!! Ngobrol di mari.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s